Bukit Kasih (Minahasa - Sulawesi Utara)

Sebenernya ini sih trip lama post baru.
Trip ini ogut jalani sekitar tahun 2012, dimana pada waktu itu ogut masih kuliah dan masih jomblo. Kalo sekarang kan ogutnya masih tetep jomblo juga udah lulus kuliahnya.
FYI aja nih, waktu itu ogut berkuliah di salah satu kota paling eksotis se-Indonesia, Manado.

*****

Berniat untuk  menghabiskan waktu liburan kuliah, waktu itu bersama teman teman ogut memutuskan untuk berpelesir ke salah satu objek wisata yang tak jauh dari Kota Manado. Bukit Kasih.


Bukit Kasih atau biasa disebut juga Hill of Love (keren abis, macem judul judul lagu tembang kenangan barat) merupakan objek wisata yang menawarkan wisata alam dan wisata religi sekaligus.
Bukit Kasih ini terletak di Desa Kanonang, Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Masih pula bagian dari kaki Gunung Soputan. Bisa ditempuh sekitar 50 km dari pusat kota Manado.


Cukup membayar tiket masuk sebesar 3ribu perak per orang untuk masuk area wisata ini.
Kemudian, begitu sampai dan keluar dari tempat parkir, para pengunjung langsung disambut sebuah tugu tinggi menjulang berbentuk segilima, dimana di lima sisinya terdapat pesan bijak tentang ajaran kasih sayang dan kerukunan yang diambil dari kitab suci lima agama, Islam, Protestan, Katolik, Hindu dan Buddha.
Kesan selamat datang yang bagus bukan :))

Sudah sampai Bukit Kasih, rasanya kurang lengkap kalau belum mendaki sampai puncaknya.
Di puncaknya dapat kita temui 5 tempat ibadah dari 5 agama berbeda, Masjid, Gereja Katolik, Gereja Protestan, Pura dan Wihara. Ini menggambarkan masyarakat Minahasa, atau Sulawesi Utara pada umumnya, yang menjunjung tinggi kerukunan antar umat beragama.
Tapi ada perjuangan cukup berat yang dilalui untuk bisa sampai ke puncak, ada ribuan anak tangga yang harus dilewati, cukup menguras tenaga memang.
Tapi jangan khawatir, karena ada begitu banyak pemandangan indah di jalanan menuju puncak.







PATUNG NARUTOOOOO
Oh ya, pasti pernah nonton atau baca anime Naruto kan, pasti tau dong pahatan Hokage di tebing desa.
Disini juga ada loh. Pahatan dua wajah di salah satu tebing.
Semacam pahatan wajah presiden Amerika di Gunung Rushmore yang termahsyur itu.


Patung itu adalah wajah Toar dan Lumimu'ut, orang bilang mereka berdua adalah nenek moyang orang Minahasa. Paling ngga, itu sih cerita yang ogut dapat setelah ngobrol sama ibu ibu penjual souvenir.

Ada juga daya tarik lain, yaitu salib ukuran raksasa yang terdapat di sisi lain bukit. Cukup banyak juga wisatawan yang tertarik untuk untuk mendatangi dan melihat langsung. Bahkan saking gedenya, salib ini bisa dilihat dari jalanan kota Tomohon.

Disini kita juga bisa menikmati kuliner unik, yaitu jagung atau telur yang direbus langsung dari air panas belerang yang terdapat di salah satu area bukit.
Banyak kios atau warung yang menyediakannya, bisa kita makan makan plus ngopi sembari menikmati pemandangan.


Pemandangan lain dari berbagai sisi bukit :



Keren abis emang ..... pemandangannya
Pengalaman asik berkunjung ke Bukit Kasih, dekat dengan alam dan menikmati udara sejuk di dataran tinggi Minahasa. Patutlah dikunjungi sekali waktu, menyegarkan diri dari rutinitas dan kebisingan kota besar :))

Komentar

Posting Komentar