Air Jatuh Kabura Burana (Buton - Sulawesi Tenggara)



Jangan salah kira foto diatas adalah air terjun dengan ketinggian bermeter meter, penampakan tersebut adalah air jatuh atau masyarakat lokal juga biasa menyebutnya pemandian.
Disebut air jatuh karena bentuknya seperti air terjun, cuman dalam versi mininya aja, gitu.
Air jatuh ini terletak pada aliran sungai, dengan ruas lebar sungai sekitar 30 meter dan aliran berundak-undak sampai tujuh tingkatan membuat objek wisata alam satu ini makin terlihat indah.

 **********


Yaaaps, air terjun mini ini adalah Air Jatuh Kabura Burana, sebuah objek wisata alam yang berada di Hutan Mente/Mede di desa Lawela Selatan, Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton
Tidak sulit untuk sampai ke objek wisata satu ini, Kabura Burana bisa ditempuh sekitar 30 menit dari pusat kota Baubau, ibukota provinsi Sulawesi Tenggara, dan bisa lebih lama apabila kita sering berhenti di jalan.
Lah, kenapa emang, pake sering berhenti segala???
Karena man, jalanan menuju Kabura Burana ini asli cakep bener. Mulai dari hutan hijau asri di kanan kiri, ada pula ketemu savanna dengan tebing tebingnya yang maha dahsyat sampai pemandangan dari jalanan yang bisa langsung melihat laut lepas, pokoknya asli juara dah. Mau tak mau pasti hasrat untuk berfoto foto kita akan terluap secara maksimal disini, sampai akhirnya memaksa kita untuk sering berhenti.

Walaupun begitu, nampaknya belum ada yang mengelola objek wisata ini. Ga ada tiket masuk yang perlu dibayarkan untuk masuk. Fasilitas pun cukup minim, tak banyak yang bisa ditemukan disini, hanya ada parkiran.

Untuk masuk ke area wisata. jika kita bawa kendaraan bermotor, baik roda 4, roda 2, roda 1 atau bahkan tanpa roda, kita bisa masuk sampai sekitar satu kilometer sampai tempat parkir. Setelah itu perjalanan bisa dilanjutkan dengan jalan kaki, ga jauh, mungkin sekitar 500 meter.
Jalanannya:


Begitu sampai, adem dan tenang adalah yang pertama ogut rasakan.
Melihat gemercik air jernih dikelilingi hutan hijau yang rindang dan alami membuat perasaan rileks, sejenak membuat lupa akan berbagai macam pikiran-pikiran dan masalah-masalah yang berkecamuk di otak
Penampakannya:



Sampi Kabura Burana dan kalian tidak meneyeburkan diri???? Maka termasuk orang yang merugilah kalian.
Air jernih yang nampak segar ini sangat sayang untuk dilewatkan kawan.
Ada spot berenang yang oke punya juga:
 
Oyya, konon apabila berenang disini akan ada khasiat tertentu yang luar binasa yang bisa kita rasakan.
Wawaah, apa aja????
Nih ogut jabarkan.
Yang LDR sama pacaran, bisa deh awet sampai pelaminan. Yang jomblo, bisa lancar deh nikung istri pacar orangnya.
Ajib kan?????
Uhmm, gitu yah, kata siapa deh itu tapi???
Konon sih katanya ….....… katanya …....... kata saya ………………..
*PLAAAAAAKKK*
*DIGAMPAR*


*****



Overall, cukup asiklah berkunjung ke Kabura Burana ini.
Cukup untuk menyegarkan tubuh dan pikiran setelah menjalani rutinitas sehari-hari di kota.
Lagipula kan ada khasiat yang luar binasa apabila kita berenang di sungainya, yaaakaaaan yaaakaaann yaakkk.........*PLAAAAAAAAAAAAKKZZ*
*DIGAMPAR LAGI*

Komentar

Posting Komentar