Kelud, Paska Dentuman Dahsyatnya (Kediri - Jawa Timur)


"..... tapi semua itu berubah setelah negara api menyerang."

***********


Beberapa waktu lalu ogut berkesempatan mengunjungi Gunung Kelud satu bulan setelah ledakan dahsyatnya, dan satu minggu setelah resmi dibuka untuk umum.
Pikiran ogut membayangkan bahwa gunung wisata ini masih kacau balau. Namun perkiraan ogut meleset, pemkab Kediri ternyata cukup cekatan dalam mengurusi area wisata andalannya satu ini. Jalanan menuju puncak Kelud terbukti lancar (walaupun di beberapa bagian masih terdapat gundukan kerikil dan pasir), selain itu berbagai sarana umum seperti parkiran, warung, restaurant sampe toilet umum sudah beroperasi secara maksimal dan tidak nampak seperti area wisata yang baru saja diterpa letusan gunung berapi.



Sebenarnya ogut memiliki itinerary yang ogut bilang sempurna untuk rombongan yang berencana mengunjungi gunung. Ogut merencanakan berangkat pagi pagi sekali agar sampai di Kelud tepat saat matahari terbit dan bisa menikmati indahnya sunrise diantara kabut asap kawah Kelud. Tapi apa daya, traveler hanya bisa berencana, alarm yang menetukan.
Paginya, alarm seperti berkonspirasi menggagalkan kami bangun tepat waktu, jadwal molor, rencana pun gagal. Total.

..............

Singkat cerita kami tetap berangkat dan sampai di Kelud sekitar setengah 7 pagi. Fyi, diperlukan waktu normal sekitar satu jam dari pusat kota Kediri untuk sampai ke Kelud.
Tapi ogut tidak begitu kecewa karena walaupun matahari sudah mengangkasa cukup tinggi ternyata keindahannya masih bisa disaksikan. 

Mentari pagi dibalik asap kawah Kelud
Selain keindahan pemandangan, satu hal lagi yang membuat ogut bahagia adalah kami serombongan masuk area wisata Kelud tanpa sepeser pun biaya ^^
FYI lagi nih, loket masuk ke Kelud itu baru mulai buka jam 7 pagi pas. Jadi kalo mau mengunjungi Kelud, dateng aja pagi pagi bener, liat sunrise keturutan, tanpa biaya masuk pula. Mayan kan, sambil nyelam, minum airnya gratis ^^
Minggu pagi, lumayan rame
Oyya, pemandangan yang bikin ogut bahagia bukan cuman sunrise di Kelud, tapi juga pemandangan luar biasa satu ini :


Yang ini konon bekas aliran lahar yang dimuntahkan Kelud :




Ogut gatau harus takjub atau sedih melihat pemandangan tersebut setelah salah seorang teman yang asli Kediri bercerita bahwa sebelum negara api menyerang .... ehm, sebelum Kelud meletus, semua pemandangan di foto diatas adalah lautan hijau hutan dengan berbagai ragam satwanya.
Ngeri juga emang kalo ngebayangin, serem, jadi inget 'The Road' -nya Viggo Mortensen.
Selain itu, ada satu hal lagi yang bikin ogut gaenak hati. Kawah Kelud ternyata masih belom bisa dilihat langsung, ada portal yang menghalangi untuk ga ngelewatin batas 3km dari kawah :(( 

Pagernya, bikin hati sedih
Ogut sih merencanakan akan mengunjungi Kelud lain waktu, karena letusan tahun ini menghancurkan anak Kelud yang terbentuk tahun 2007 lalu, dan membentuk kawah baru yang konon berukuran cukup luas.
Jalanan ke puncak samar samar terlihat dari kejauhan
Jadi, ada yang penasaran akan kawah baru Kelud, lain waktu lah mungkin bisa berkunjung.
Kalo ogut sih jelas akan berkunjung kembali, pasti ^^ 

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus

Posting Komentar