Lokalicious (Lezatnya Musik Lokal)

Jujur aja nih ogut merasa muak ama musik nasional belakangan ini, banyak band atau musisi yang muncul hanya karena kebutuhan label (mayor label, money oriented). Beberapa waktu lalu ada fenomena musik melayu dan serentak musik Indonesia pun berubah menjadi melayu. Nah kalo belakangan adalah boyband dan girlband yang lagi booming, ogut sampe heran mahkluk mahkluk boyband ini merajalela di radio dan televisi di Indonesia. Banyak jenis dan spesies dari mereka, mulai namanya (ogut pernah nyimak salah satu ada yang namanya Dragon Boyz, sepupunya Dragon Ball kali yaa), dandanan (kehomohomoan) , style (kohomohomoan -lagi-) sampai dari usianya. Bahkan ada anak anak bau kencur (mungkin usia SD) sudah muncul dan tampil di acara tv. Kalo masalah girlband sih ogut masih maklum maklum aja, karena ogut seneng juga ngeliatnya, abis cakep cakep sih (ogut adalah pria normal). Malah kadang kadang ogut berpikir mending anggota girlband yang kece kece itu ogut pacarin aja daripada menjadi budak label.
Tapi tentu aja selalu ada oase di tengah padang pasir, masih banyak juga musisi atau band nasional yang masuk kategori 'baik'. Mereka ini adalah musisi yang berkarya karena hati bukan karena uang ataupun ketenaran semata. Dan kali ini ogut akan menshare beberapa saja diantara sekian band atau musisi lokal yang ogut kategorikan 'baik' tadi.
Seperti biasa, dikumpulkan dari berbagai sumber dengan proses penyuntingan modern, steril dan higienis. Nah, silahkan disimak :


1. Dialog Dini Hari


Band asal Bali ini adalah sebuah band side project yang dimotori oleh gitaris Navicula (band grunge dari Bali, band ini juga keren lho) Dadang 'Dankie' Pranoto, ia mengajak Ian Joshua Stevenson dan Mark Liepmann dari Kaimsasikun untuk membentuk Dialog Dini Hari pada 2008. Sampai saat ini mereka sudah mengeluarkan beberapa single dan merilis satu album, Beranda Taman Hati. Dan belakangan mereka berencana segera membuat album kedua dengan formasi baru, Dankie sebagai frontman menggaet Denny Surya (Rockavatar) sebagai penggebuk drum dan Brosio Orah (Zio Band) untuk posisi bass.
Menurut ogut nih, mendengarkan Dialog Dini Hari itu mengingatkan pada Iwan Fals dengan lirik yang jujur dan apa adanya namun dengan musik yang lebih halus. Selain musik yang catchy untuk dinikmati, menurut ogut lagi nih, kekuatan mereka ada di lirik, sederhana, jujur dan puitis kalo ogut bilang sih. Coba simak 'Aku Adalah Kamu' yang menyerukan kedamaian, puitisnya dalam nomor 'Pohon Tua Bersandar' dan kesederhanaan serta kejujuran dalam 'Hati Hati'.
Overall, band ini mantap deh untuk dinikmati.
Kenali mereka, cek :
dialogdinihari.com
www.myspace.com/dialogdinihari
soundcloud.com/dialogdinihari/


2. Monkey To Millionaire
Pertama mendengar band ini adalah ketika rilisan LA Light Indiefest vol. 2 diluncurkan, ogut langsung kesengsem oleh 'Rules & Policy' mereka. Penggalan lirik seperti 'Go to school go to college and go get yourself a real job, this is the rules you have to deal and you have to live with' sangat mengena sekali dengan kehidupan saat ini (terutama ogut yang saat itu masih berdiri di bangku SMA).
Band ini berdiri tahun 2004 silam dengan anggota Wisnu Adji (Vokal + Gitar), Agan Sudrajat (Bass + Vokal) dan Emir Khardaji (Drum), namun belakangan sang drummer memilih untuk mengundurkan diri (kabar ini juga sempet mengejutkan ogut).

Mereka sudah merilis 2 album sampai saat ini, Monkey to Millionaire EP (2006) dan Lantai Merah (2009). Khusus untuk Lantai Merah, album ini ogut recomended banget, karena Lantai Merah lah ogut sempet memuja band ini sampai memproklamirkan diri sebagai street millionaire (fans-streetteam Monkey to Millionaire).

Kunjungi mereka di :
www.myspace.com/monkeytomillionaire
monkeytomillionaireband.blogspot.com
soundcloud.com/monkeytomillionaire
twitter.com/monkey2mill








3. March
Sebelum membahas lebih jauh tentang band trash metal asal Jakarta ini, kawan kawan sekalian harus tau dulu apa arti kata polymath itu. Yup, polymath adalah sebutan untuk orang yang memiliki keahlian dan pengetahuan di beberapa bidang sekaligus.  Tentu saja karena jika ditulusuri lebih jauh tentang personil band ini, kita bisa menemukan seorang pembawa acara di salah satu tv swasta nasional, gitaris jazz, seorang bankir dan bahkan seorang dokter bedah plastik. Polymath sendiri dijadikan judul di album perdana mereka.
Band ini adalah salah satu band metal favorit ogut, karena dibanding band band metal lainnya (menurut ogut lagi) ,music march lebih ‘halus’ dan lebih mudah dicerna, bagian bagian melodius dalam setiap lagu march akan dengan mudah nancep di kuping begitu kawan sekalian mencoba mendengarkan. Selain itu yang membedakan march dari band band sealiran lain adalah gaya berpakaian mereka. Yup, ga seperti band metal kebanyakan yang terkesan sangar dan urakan, penampilan march lebih kalem dengan rambut rapi, jas, celana bahan dan sepatu pantofel.
Berdiri di 2005 March beranggotakan Faddy Alkatiri pada vokal (Ini mantannya mantan ogut lho -Gisel-), Arya 'Lale' Ramadhya (Maliq & D'Essentials) pada gitar, Rachadian 'Ryan' Ramadan pada gitar dan Erixon Sihite sebagai penggebuk drum, belakangan bassist Alexa, Jmono juga ikut bergabung dalam formasi band ini untuk mengisi aditional bass pada setiap show March.
Temui para polymath ini di :
www.myspace.com/marchmarchmarch
twitter.com/marchmarchmarch
www.facebook.com/MARCHMARCHMARCH
www.youtube.com/user/Marchpolymath


4. Andre Harihandoyo & Sonic People














Bicara tentang band yang satu ini, kita akan bicara tentang sebuah project brilian kalo ogut bilang sih. Berdiri tahun 2006 band ini terdiri dari 4 musisi berbakat, Andre Harihandoyo (Vokal, Gitar), Brian 'BJ' Jonathan (Bass), Andreas Arianto (Keyboard, Klarinet) dan Tobias Ringga (Drum). Dengan Andre sebagai frontman (penulis lagu & produser), musik yang disuguhkan AH&SP adalah musik yang keren menurut ogut, blues, folk sampai jazz diramu dengan begitu indahnya dengan vokal yang jernih dan instrumental yang dimainkan lembut akan begitu ngena di telinga kawan sekalian saat mencoba mendengarkan lagu demi lagu dari band yang satu ini.
Sampai saat ini mereka uda rilis 4 album, Aerodyne (2006) yang awalnya merupakan proyek solo Andre, kemudian dengan format band rilisannnya antara lain Room Session (2007), Two Sides For Every Story (2008), Good For The Soul (2009) dan Songs For Rainy Days yang dirilis pertengahan tahun ini.
Telusuri mereka, kunjungi :
www.andreharihandoyo.com
www.sonicpeoplemusic.com
www.myspace.com/sonicpeoplemusic


5. The SIGIT

Nama yang unik yaa begitu pertama mendengar band dari Bandung ini, nama mereka sebenarnya singkatan dari The Super Insurgent Group of Intemperance Talent atau ada yang bilang diambil dari nama bapak sang vokalis. Jika ada salah satu band Indonesia yang bisa didengar di luar negeri, mungkin mereka adalah salah satunya. Mereka sempat merilis album dengan label dari Australia dan melakukan tour disana, mereka juga melanjutkan giggs sampai austin texas, california hingga hongkong.
Berdiri mulai tahun 1994 saat para personilnya masih duduk di bangku sekolah dan mulai memakai nama The SIGIT sejak 2002. Sampai saat ini mereka sudah merilis 3 album, Self Titled (2004, rilis di Australia tahun 2007), Visible Idea of Perfection (2007) dan Hertz Dyslexia (2009).
Band rock n roll yang juga sering disebut beraliran garage rock ini beranggotakan Rektivianto Yoewono pada vokal dan gitar, Aditya Bagja Mulyana pada bass dan vokal, Farri Icksan Wibisana pada gitar dan vokal serta Donar Armando Ekana memainkan drums. Menurut ogut sih musik mereka liar, penuh dan semangat. Biasanya sih ogut nyetel mereka sembari begadang bikin tugas, abis bikin melek sih.
Mau tau lebih jauh :
thesigit.com/
www.myspace.com/thesigit
insurgentarmy.multiply.com
twitter.com/thesigit


6. Royal Ego
Satu lagi band side project yang ogut masukin daftar ini, ogut langsung kesengsem setelah coba menikmati karya band ini (sampai sekarang mereka baru ngeluarin 4 single). Royal Ego berdiri tahun 2005 lalu, digawangi oleh Hendra 'Jawa' Bagya (New Market) pada vokal, Ernest (Coklat) pada gitar, Gilbert (Saint Loco) pada bass dan Eno (Netral) sebagai drummer. Mereka menjadikan Royal Ego sebagai sarana melampiaskan ego mereka dalam bermusik yang selama ini dibatasi oleh band dan label majornya.
Untuk sebuah band side project, Royal Ego cukup lumayan menurut ogut. Coba simak 'Say Something'
mereka yang menghanyutkan atau 'Senandung' dengan lirik yang mampu membangkitkan semangat hidup.
Silahkan cek mereka :
royalegoband.com
www.myspace.com/royalego
www.reverbnation.com/royalego
twitter.com/royal_ego


7. Everybody Loves Irene

Ogut selalu mendengarkan band yang satu ini menjelang istirahat malam. Setelah melewati hari yang melelahkan, mendengarkan suara sang vokalis, Irene Yohanna bagaikan meminum 10 biji pil penenang sekaligus. Yup, suara lembut sang vokalis yang menghanyutkan jiwa (halah) ditambah instrumen musik yang begitu halus akan segera membius kawan sekalian.
Everybody Loves Irene berdiri sejak 2001. Cerita berawal ketika Yudi Arfani (Guitar), Dimas Anindityo (Bass) dan Mulyadi Triharsono (Drum) yang sebelumnya sudah cukup terkenal dengan band sebelumnya (Gooton) menggaet (Irene Yohanna) sebagai vokalis serta Aulia Naratama (Keyboard, synth, harmonica). Lalu berubahlah Gooton menjadi Everybody Loves Irene.
Karya band ini juga diakui publik internasional, dengan keikutsertaan mereka di beberapa album kompilasi rilisan luar negeri diantaranya 'Telecharger Electro Zone' keluaran Perancis dan 'Half Dreaming-Asia Shoegaze' produksi Jepang.
Bagi yang penasaran, cek segera :
www.myspace.com/everybodylovesirene
everybodylovesirene.multiply.com
twitter.com/lovesirene

Nah, itulah segilintir band atau musisi keren yang bisa ogut share-kan. Walaupun sebenarnya banyak juga band nasional dengan kualitas bagus (termasuk dari major label). Tapi 7 diataslah yang menurut versi ogut paling keren.
Oke, semoga bermanfaat dan berkesan bagi yang sudah sudi menyimak :)

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus

Posting Komentar