Alas Kandung (Tulungagung - Jawa Timur)

Kenapa jauh berpelesir jika ada begitu banyak tempat tempat indah yang tak jauh dari pintu rumah kita :))


Sebelum memutuskan buat traveling atau jalan jalan ke suatu tempat yang jauh, ada baiknya jelajahi dulu lah daerah daerah yang ada di sekitar kalian.
Pada postingan kali ini ogut berkesempatan mengunjungi Alas Kandung, sebuah wisata alam di kota tempat ogut tinggal.
Alas Kandung sendiri merupakan air terjun yang belum begitu banyak terjamah, pun belum terlalu gencar dipromosikan sebagai tempat wisata. Ini bisa terbukti dari akses menuju objek wisata ini yang cukup sulit. Bukan karena objek wisata alam ini terletak di pelosok dengan jalanan naik turun gunung, tapi minimnya penunjuk arah yang bakal menjadi tantangan tersendiri. Begitu juga fasilitas dan sarana umum, menemukan sekedar warung makan dan toilet umum pun nihil disini. Untuk sarana parkir, hanya ada beberapa rumah warga yang sukarela menjajakan halaman rumahnya sebagai tempat parkir.

*************

Alas Kandung  terletak di Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung. Objek wisata ini sebenernya tidak begitu jauh dari pusat kota Tulungagung, bisa ditempuh sekitar 1 jam. Permasalahan disini adalah rumitnya jalanan menuju kesana, ogut sendiri saat itu  dengan beberapa kawan, sempat beberapa kali kesasar sebelum akhirnya sampai di tujuan.

Nah kali ini ogut akan mencoba memberi bantuan bagaimana cara menuju kesana :

  • Pertama dari kota Tulungagung kawan sekalian harus menemukan perempatan stasiun/pasar ngunut, setelah itu ambil jalan ke selatan (Gb.1)

Gb. 1

  • Abis itu lanjut aja terus ke selatan sampe nemu pertigaan, nah pertigaan pertama itu ambil jalan ke kiri. Jalan lagi aja terus sampe nemu pertigaan kedua, baru lagi ambil kanan, nah itu ke arah selatan lurus aja terus (Gb.2)

Gb.2
Nah sampe segitu aja yang ogut inget nih, hehehe.
Untuk selanjutnya, silahkan ambil pilihan bantuan lain, pake gps bisa, atau yang paling aman tanya tanya aja sama warga sekitar ^,^v

***********

Jalanan berliku liku ga hanya ogut alami pas di jalanan menuju Alas Kandung, ketika sampai pun kami masih harus melewati jalanan berliku liku untuk sampe spot air terjun.



Setelah melalui perjuangan dan beberapa pengorbanan *halaaaaaah* akhirnya ogut serombongan pun sampai spot yang kami dambakan.
Dan memang, seperti yang orang bilang, air terjun ini asli indah bener, airnya masih jernih dan terlihat bersih nan segar.



Ogut ga bisa menahan hasrat untuk segera nyemplung dan mandi di kolam dibawah air terjun ini, tapi begitu mengetahui kedalaman kolam adalah 4 - 6 meter ogut pun mengurungkan niat. Sayang sekali memang. Ogut takut nanti ini akan menjadi pengalaman terakhir ogut berenang :((
Tapi tenang saja, bagi yang jago berenang tetep bisa menikmati kesegaran air alam yang masih murni ini.
Tampan sekali memang .... air terjunnya
Jadi gimana, kawan sekalian ada yang mau main main kesini juga????
Jangan lupa bawa gadget yang ber-gps yah, hehehe :D

Komentar

  1. Keren gan, tapi dilihat dari gambar jalannya masih jelek ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalanan kota sampe pedesaan masih oke sih gan. Tapi begitu mendekati lokasi ya gitu, akses agak susah dan jalanan ga beraspal.

      Hapus
  2. Setelah melihat foto di blog ini, jadi tertarik berkunjung ke sana. Thanks infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mba. Worth it kok, ga bakalan nyesel :D

      Hapus
  3. Masyaalloh.. Tulungagung.. :D

    BalasHapus
  4. Masyaalloh.. Tulungagung.. :D

    BalasHapus
  5. Coba saja kalau pemerintah setempat peduli dengan wisata yang mereka punyai. Pasti akses jalan kesananya gak seburuk yang di bayangkan

    BalasHapus
  6. Bawa mobil bisa gan?

    BalasHapus
  7. Bisa di buat berenang nggak gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, saat ini jalur jalan menuju hutan kandung sudah ok gan. tinggal ngacir. sarana parkir dan hiburan, juga pedagang sudah tertata. ndak nyesal dech.......

      Hapus

Posting Komentar